Perawatan Badan


Perawatan BadanTidak selamanya sesuatu yang positif memberi dampak yang baik pada diri Anda. Seperti pepatah yang mengatakan, segala sesuatu yang berlebihan justru mampu memberikan efek yang sesungguhnya Anda hindari. Hal tersebut ternyata juga berlaku di dunia kecantikan khusunya perawatan badan.

Ikuti beberapa tips berikut jika Anda tidak mau upaya mempercantik diri justru menghadirkan ‘bencana’.

1. Sering Olahraga

  • Baik: Olah raga teratur dapat menjaga tubuh tetap langsing dan sehat, tapi olah raga berlebih merupakan suatu kesalahan besar.
  • Buruk: Tahukah Anda, jika olah raga berlebih dapat mengakibatkan efek yang sangat tidak baik? Selain otot kejang, luka-luka yang dialami saat berolah raga sangat erat hubungannya dengan tulang sendi, dan ikatan sendi tulang dan tubuh Anda tidak dapat sembuh total dari luka-luka tersebut. Dan, percaya atau tidak, olah raga berlebih juga dapat mengakibatkan serangan sakit kepala, masalah perut, depresi, serta menurunnya daya tahan tubuh. Anda juga memerlukan masa penyembuhan lebih lama dari suatu penyakit karena olah raga berlebih dapat menurunkan daya tahan tubuh.
  • Tips: Tiap orang mempunyai daya tahan yang berbeda dalam berolah raga ketahui batas Anda dan hargailah.

2. Penggunaan Pelembab Yang Berlebihan

  • Baik: Pelembab, baik berbentuk gel, krim, lotion, sangat penting untuk kesehatan kulit Anda, tapi mengoleskannya terlalu banyak akan mengurangi manfaat yang sebenarnya. Hal yang sama berlaku bagi pelembab yang terlalu pekat kandungannya, tidak hanya cocok bagi kulit yang super kering.
  • Buruk: Pori-pori tersumbat, komedo, dan bintik hitam adalah akibat langsung dari over dosis pelembab. Ahli kesehatan kulit (Dr. Hauschka) juga menyarankan sedikit pemakaian pelembab di malam hari. Hal ini patut dilakukan karena kulit mengeluarkan racun pada malam hari.
  • Tips: Kulit hanya membutuhkan sedikit perawatan pada malam hari.

3. Rutin Melakukan Facial

  • Baik: Facial merupakan pembersihan secara mendalam, pengelupasan, dan perawatan kulit. Untuk mendapat semua kebaikan facial, buatlah jadwal pertemuan untuk empat minggu sekali, jangan lebih dari dua minggu sekali.
  • Buruk: Stimulasi berlebih dapat menyebabkan kotoran yang tersimpan di bawah lapisan kulit naik dan timbul jerawat. Pembersihan komedo, bintik putih, dan jerawat merupakan pengalaman yang menyakitkan bagi kulit lapisan atas. Kulit, organ terbesar dari tubuh Anda, butuh waktu untuk sembuh dan memperbaharui permukaan yang rusak selama proses pengelupasan.
  • Tips: Facial yang disertai pijatan menggunakan krim atau minyak dapat menstimulasi kulit sampai taraf tertentu.

4. Penggunaan Scrub

  • Baik: Lapisan epidermis kulit diperbaharui. Saat itu adalah ketika sel-sel basal di bagian bawah memproduksi sel-sel baru, yang mendesak ke lapisan kulit atas. Pengelupasan memberi keajaiban tersendiri dalam proses ini dan memberikan dorongan yang dibutuhkan dalam proses pembaharuan.
  • Buruk: Tapi, proses pengelupasan yang terlalu sering bukan saja membuang sel kulit mati tapi juga sel kulit baru. Jangan bereksperimen dengan kulit Anda, atau kulit Anda akan kering, luka akibat sengatan matahari, dan reaksi buruk lainnya yang disebabkan oleh lingkungan sekitar. Pengelupasan yang terlalu banyak juga menimbulkan luka pada kulit.
  • Tips: Dua kali seminggu adalah ideal, jangan lebih dari tiga kali.

5. Banyak Mengkonsumsi Vitamin

  • Baik: Vitamin merupakan katalis yang menimbulkan reaksi kimia dalam tubuh –vitamin dan mineral sangat penting untuk tubuh. Asupan tambahan ini memperlancar fungsi tubuh seperti mengubah karbohidrat menjadi gula dan kemudian menjadi energi, serta memastikan bahwa tubuh kita memanfaatkan makanan dengan benar.
  • Buruk: Kelebihan jumlah vitamin yang larut dalam tubuh seperti vitamin C dapat dengan mudah dikeluarkan, tetapi konsumsi vitamin A dan D yang berlebih dapat berubah menjadi racun bagi tubuh ( vitamin A disimpan dalam lemak dan dapat menyebabkan pertumbuhan yang tidak sehat).
  • Tips: Ikuti anjuran berapa banyak vitamin yang harus diminum setiap harinya (instruksi pemakaian biasanya terdapat di botol kemasan) dan pertahankan pola makan seimbang antara konsumsi sayuran, daging, dan karbohidrat. Tubuh Anda akan memperoleh nutrisi yang cukup.

6. Sering Menyisir

  • Baik: Menyisir rambut akan menstimulasi sirkulasi darah di kulit kepala, dan membuat pertumbuhan rambut yang sehat. Tapi akan berdampak sangat buruk bagi rambut bila Anda mengikuti pepatah yang mengatakan “sisirlah rambut 100 kali tiap hari”.
  • Buruk: Terlalu banyak menyisir mengakibatkan kutikel yang ada di rambut berdiri tegak dan bukannya jatuh lembut di kepala. Hasilnya, rambut menjadi kusam dan rapuh. Terlalu sering menyisir akan menstimulasi kulit kepala menghasilkan lebih banyak minyak. Bukanlah suatu hal yang baik bagi rambut sudah berminyak. Menyisir berlebih akan membuat minyak alami di rambut Anda semakin banyak- dan karena kita hidup di daerah tropis biasanya menyebabkan rambut berminyak namun kulit kepala kering.
  • Tips: Sisirlah rambut Anda dua kali sehari, tapi beberapa sikatan di tiap bagian rambut biasanya sudah lebih dari cukup.

7. Menggunakan Kondisioner

  • Baik: Kondisioner pada dasarnya adalah pelembab bagi rambut. Kondisioner untuk perawatan meresap ke dalam batang rambut untuk melembabkan, sementara kondisioner ringan memberikan perlindungan sementara dan kekuatan dengan cara melapisi tiap helainya dengan lapisan tipis pelindung. Tipe kondisioner yang biasa Anda pakai biasanya adalah kondisoner yang hanya berfungsi di permukaan saja.
  • Buruk: Kondisioner berlebih akan meninggalkan lapisan tipis pada tiap helai rambut yang akan mengurangi keindahannya, lapisan tipis ini tidak bisa dihilangkan dengan hanya mencuci rambut saja. Terlalu banyak kondisioner hanya akan membuat rambut menjadi lebih berminyak, dan hal ini akan mengakibatkan ketombe.
  • Tips: Satu tetes sebesar koin, untuk rambut pendek atau rambut sebahu, sudah lebih dari cukup.

8. Banyak Minum

  • Baik: Air adalah intisari dari kehidupan. Dan, keharusan untuk minum delapan gelas air setiap hari masih berlaku. Bagi orang yang rajin berolah raga atau para atlet akan mengatakan bahwa mereka tidak akan ke mana-mana tanpa botol minuman di dalam tas olah raga mereka.
  • Buruk: Menurut penelitian yang dilakukan oleh USA Track and Field, kasus kelebihan H2O mungkin saja terjadi. Hal seperti over-dehidrasi dan kelebihan asupan air dapat mengacu pada hyponatramia atau keracunan air ( tanda-tandanya antara lain mual dan muntah). Hyponatramia menghasilkan sodium cair dan elektrolit di dalam darah yang menyebabkan masalah pernapasan dan pusing. Dalam kasus yang lebih serius, si penderita bisa saja pingsan.
  • Tips: Cara terbaik untuk mengetahui berapa banyak air yang harus Anda minum sehabis berolahraga adalah dengan cara menimbang tubuh sebelum dan sesudah berolahraga. Jika berat badan Anda turun, hal itu menandakan berapa banyak air yang harus Anda minum untuk menyeimbangkan kesehatan Anda.

Sumber : KapanLagi

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s