Manfaat Lulur


body scrub / lulurLuluran adalah  aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan buat kaum wanita. selain untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati, luluran juga bisa membantu membersihkan kotoran yang nempel dikulit sehingga menjadikan kulit bisa bernafas kembali. Luluran jugabisa menenangkan karena pijatan dari para therapist bisa menghilangkan pegal-pegal dan melancarkan peredaran darah, sehingga tubuh Anda akan menjadi lebih ringan dan segar.

Sebelum melakukan aktivitas luluran, alangkah baiknya jika kita mengetahui dulu lulur apa yang cocok buat kulit kita. Berikut ini, beberapa jenis lulur yang sering di gunakan beserta masing-masing khasiatnya  – yang dikutip dari buku The Essence of Indonesia Spa
Lulur Bengkoang
Bengkoang memiliku zat pembersih yang sempurna. Manfaat dari lulur jenis ini diantaranya untuk mengangkat sel kulit mati, melenyapkan bau badan, memberi nutrisi pada kulit, memperbaiki peredaran darah, mencerahkan kulit kusam dan menjaga kelembapan kulit agar tidak cepat keriput.

Lulur Melati (Jasmine)
Sari minyaknya diambil dari bagian bunga yang mempunyai efek menyejukkan, meningkatkan keseimbangan, pikiran positif, gairah seksual, kepekaan, kejernihan pikiran, harapan, keterbukaan, kebijaksanaan, ketenangan jiwa, rasa bahagia, romantis dan cinta. Juga dapat mengurangi depresi, rasa cemas, batuk, rasa sakit saat menstruasi, stress, sedih, kecewa, dan rasa iri. Berfungsi untuk relaksasi dan mencerahkan kulit, Menjadikan kulit putih, bersih halus, serta membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Lulur cokelat
Lulur ini sangat cocok bagi Anda yang sering berada di ruangan ber-AC, karena lulur cokelat yang memiliki antioksidan ini berkhasiat menjaga kelembapan kulit. Selain itu, Lulur yang terbuat dari coklat yang kaya akan lemak cokelat atau cocoa butter, juga berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati, memberikan nutrisi pada kulit, mencerahkan kulit, dan memperbaiki sirkulasi oksigen dan peredaran darah tepi.

Lulur kopi
Terbuat dari campuran kopi, beras merah, ketan hitam dan beras putih, membuat lulur yang satu ini memiliki banyak khasiat untuk memperbaiki sirkulasi oksigen dan memperlancar peredaran darah, memberikan nutrisi pada kulit, mengangkat kotoran dan debu, serta menghilangkan lelah.

Lulur stroberi
Terbuat dari ekstrak buah stroberi yang mengandung asam salisat ini berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Sementara itu kandungan asam folat stroberi dapat mengencangkan sekaligus melembutkan kulit.

Lulur Boreh (Ginger)
Sangat baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kandungan herbal dan rempah-rempahnya dapat menghangatkan tubuh, menghilangkan nyeri pada otot, melancarkan sirkulasi darah tepi. Aroma rempahnya yang kuat dan segar sangat cocok untuk yang sedang flu. Lulur ini juga dapat mencegah rematik.

Lulur Ketan Hitam (Black)
Para wanita di Kalimantan biasanya menggunakan bahan lulur Ketan Hitam ini pada prosesi perawatan pra nikah. Pekatnya ketan hitam mampu menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih halus dan lembut, juga mengandung antioksidan, mengandung pelembab alami, serta dapat mendinginkan kulit.

Lulur Avocado (Alpukat)
Avocado atau buah Alpukat kaya akan vitamin E, dan mengandung omega 3, sehingga dapat menjadi antioksidan yang baik, mencegah penuaan dini, dan sebagai pelembab kulit alami. Buah alpukat juga bersifat anti inflamasi sehingga dapat mendinginkan kulit. Cocok untuk kulit kering atau yang sering berada di dalam ruangan berpendingin ruangan (AC).

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s