Memanjakan Kulit Dengan Lulur Tradisional


Sebenarnya perawatan tradisional Indonesia sudah sangat modern. Sebut saja salah satunya lulur yang sama dengan body scrub, karena fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang kasar agar sel kulit kembali bersih dan bisa bernapas.
Tapi ternyata setiap jenis kulit memiliki kebutuhan lulur masing-masing,  seperti ;

Lulur kuning Jawa.

Mengandung bahan dasar pandan wangi, sari tepung beras, kunyit, temu giring yang fungsinya untuk mendinginkan kulit sehingga kulit tampak kuning langsat, bersih, serta harus. Cara penggunaan produk ini, adalah dengan mencampurkan 100 gram bubuk lulur dengan 75 ml air mawar hingga diperoleh campuran yang pekat. Oleskan minyak cendana pada bagian tubuh yang akan dilulur, lalu gosokkan lulur yang sudah dicampur air sari mawar tadi. Gosok dengan gerakan memutar dan tekan dorong agar proses pengangkatan sel-sel kulit mati berjatuhan bersamaan dengan sisa lulur.

Lulur bengkoang.
Terbuat dari ekstrak buah bengkoang yang memiliki komposisi mineral bengkoang sebagai zat pembersih yang sempurna untuk kulit kusam, serta dapat mencerahkan kulit secara alami. Alhasil kulit akan nampak begitu bersih, cerah, dan segar. Konon, lulur ini sudah dari dulu dilakukan oleh para puteri keraton Jawa. Manfaat lulur ini adalah, mengangkat kulit mati, menghilangkan bau badan, memberi nutrisi pada kulit, memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah, mencerahkan warna kulit, serta menjaga kelembapan kulit agar tidak keriput.

Lulur Boreh.
Lulur ini bertujuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi, menghangatkan tubuh, dan merileksasi otot-otot. Perawatan ini akan diawali dengan pemijatan agar peredaran darah kita lancar yang diikuti dengan saluran getah bening yang lancar. Saluran getah bening atau lymph drainage adalah saluran pembuangan kering dan sisa pembakaran tubuh. Setelah pemijatan, terapis akan mengoleskan boreh yang merupakan campuran bubuk boreh dengan sari air mawar. Boreh, terbuat dari rempah-rempah alami yang terdiri dari kunyit, cengkeh/pala, lengkuas, jahe, kayu manis. Fungsinya untuk memperlancar peredaran darah, melembutkan kulit, memiliki efek menghangatkan tubuh, membantu tubuh mengeluarkan racun, dan memberikan keseimbangan suhu tubuh. Jika kita sedang mengalami gejala flu, keletihan, dan pegal-pegal, silahkan melakukan perawatan lulur boreh.

Lulur cokelat.
Cokelat kaya akan lemak cokelat atau cocoa butter. Berkhasiat untuk mengangkat kulit mati, kotoran, dan debu. Tidak hanya itu, cocoa butter juga bisa mengharumkan badan, memberi nutrisi kulit, memperbaiki sirkulasi oksigen, dan peredaran darah tepi. Bahan cokelat yang kaya antioksidan juga menjaga kelembapan kulit, maka sangat cocok untuk kulit yang kering akibat AC.

Lulur kopi.
Biasanya bahan yang digunakan adalah kopi asli jawa, beras merah, ketan hitam, beras putih. Fungsinya untuk mengangkat kulit mati, kotoran, debu, memperbaiki sirkulasi oksigen dan peredaran darah. Itu mengapa, lulur ini dapat menghilangkan rasa lelah kita serta meratakan tampilan selulit pada permukaan kulit.

Lulur stroberi.
Ekstrak stroberi yang mengandung asam salisat, silika, serta vitamin B,C,E, dan K, berfungsi sebagai bahan exfoliate agar kulit tetap lembut, lembap, serta kencang. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara, tumbuk beberapa buah stroberi yang telah dipisahkan dari tangkai dan daunnya. Untuk memberikan efek lembap tambahan, berikan cairan susu segar secukupnya sehingga kulit menjadi lebih kenyal.

One comment

  1. Khasiat Lulur Cinnamon:
    Cinnamon atau kayu manis, kandungan alami yang dimiliki kayu manis mampu memberi nutrisi pada kulit, menjadikan kulit lebih sehat serta lebih bersih bercahaya, aroma wangi yang alami dalam kayu manis bisa menghilangkan bau badan , mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru, paduan rempah kayumanis yang menenangkan akan membersihkan tubuh sekaligus meredakan rasa lelah.

    Catatan untuk kulit yang sensitif perlu hati-hati karena kayu manis dapat menaikkan darah ke permukaan kulit yang menyebabkan kulit memerah atau terasa panas.

    http://mahkotadewa.net/kecantikan/lulur_cinnamon_kayu_manis.html

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s