8 Sarang Kuman di Tempat Umum


Banyak dari kita yang yakin telah menetapkan standar kebersihan yang tinggi di rumah. Kita mungkin sudah getol membersihkan rumah, namun pada saat yang sama tanpa disadari kita sering mengundang kuman masuk ke rumah.

Toilet selama ini dianggap sebagai tempat yang paling kotor padahal kenyataannya kuman-kuman lebih sering beristirahat di gagang telepon umum, tombol lift, buku menu , dan di gagang pintu. Dan kita menyentuh semua benda tersebut tanpa menyadari telah bersentuhan dengan kuman.

Berikut ini beberapa tempat di mana kuman berada:

1. Buku menu restauran
Saat Anda berada di restauran Anda pasti meminta menu makanan kepada pelayan. Dan buku menu makanan yang dibawa sebelum diberikan kepada Anda sempat dipegang oleh banyak orang. Ada kemungkinan bahwa kuman sedang beristirahat di buku menu dan berpindah ke tangan Anda. Penelitian telah menunjukan bahwa virus flu dapat hidup sampai 18 jam pada permukaan yang keras.

2. Irisan lemon
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Health pada tahun 2007 menunjukkan bahwa mikroba tinggal di potongan lemon yang menjadi hiasan pada pinggiran gelas direstoran. Mikroorganisme yang mungkin ditemukan dalam potongan lemon, termasuk E. coli. Anda bisa menghindarinya dengan memesan minuman tanpa potongan lemon.

3. Wadah bumbu
Bumbu penyedap seperti garam, kecap, sambal dan merica biasanya disediakan secara bebas di meja restoran. Sayangnya kebanyakan orang lupa mencuci tangan sebelum menyentuhnya sehingga kuman bisa berpindah.

Untuk mencegah kuman ada baiknya Anda selalu mencuci tangan atau minimal memakai cairan pembunuh kuman sebelum makan.

4. Gagang pintu toilet
Gagang pintu mengandung kuman lebih banyak dari pada toiletnya sendiri karena banyak orang menyentuhnya. Anda bisa menggunakan tisu kertas untuk menyentuhnya, terutama saat Anda selesai mencuci tangan sebelum makan.

5. Wadah sabun di toilet umum
Waduh sebun yang berada toilet umum biasanya tidak dibersihkan sehingga mikroba mulai tumbuh. Kuman-kuman berkumpul di sana karena sering disentuh oleh orang yang tangannya masih kotor.

6. Troli supermarket
Kuman dapat berpindah dari satu orang ke orang lain melalui pegangan troli di supermarket. Karena itu selalu cuci tangan dengan sabun setelah Anda berbelanja, terlebih ketika musim penyakit tiba.

7. Toilet di pesawat
Toilet di pesawat merupakan gudang bakteri dan mikroba lainnya, terutama di bagian kran dan gagang pintu. Waspadai kemungkinan penularan penyakit terutama jika Anda berada dalam penerbangan luar negeri.

8. Ruang tunggu dokter
Tempat ini merupakan tempat bertemunya berbagai kuman penyakit yang dibawa oleh pasien. Hindari penularan penyakit dengan cara membersihkan tangan dengan sabun. Jika Anda sedang sakit, gunakan masker agar kuman tidak menyebar. (health.kompas.com)

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s