Delapan Strategi Memulai Pertemanan


Teman, merupakan salah satu faktor penting menuju kebahagiaan. Sayangnya, ada orang-orang yang kesulitan untuk memulai pertemanan. Tapi jangan khawatir, ada strategi yang bisa dicoba jika anda memang sangat ingin menjalin pertemanan, tapi sulit menemukannya.

1 Tampil
Woody Allen pernah berkata, “80 persen dari kesuksesan adalah dengan tampil.” Begitu juga dengan bagian terbesar dari pertemana, anda perlu menunjukkan diri. Datanglah ke pesta! Jika di lingkungan kantor, mampirlah sejenak untuk ngobrol di meja rekan kerja. Dengan sering bertemu orang lain maka semakin besar kemungkinan memulai pertemanan. Cara lain, bisa melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Google+. Tapi, tak ada yang lebih baik dari pertemuan tatap muka.

2 Bergabung dalam suatu komunitas
Menjadi bagian suatu komunitas, misalnya yang memiliki ketertarikan yang sama pada sesuatu, biasanya akan terkumpul secara otomatis. Itu merupakan cara termudah memulai pertemanan. Kesempatan lain, saat masuk ke tempat kerja baru, mengikuti kelas baru, bergabung dalam suatu perkumpulan, atau ketika pindah tempat tinggal. Jika tak ada pilihan di atas yang cocok, coba cari grup atau komunitas lain. Contohnya, miliki hewan piaraan atau lakukan sebuah hobi dengan lebih serius.

3 Bentuk kelompok atau komunitas baru
Jika tidak bisa menemukan komunitas atau kelompok apapun untuk diikuti maka pilihan lain, bentuklah sebuah kelompok baru berdasarkan minat anda.

 4 Katakan hal baik tentang orang lain
Ini adalah salah satu cara bersikap. Sebuah studi menunjukkan, karena gejala psikologis dari pergantian sifat yang terjadi secara spontan maka tanpa sengaja orang akan memindahkan penilaiannya terhadap orang lain kepada dirinya sendiri. Contohnya, jika anda mengatakan pada seorang teman bahwa si A adalah orang yang arogan maka tanpa disadari teman anda akan mengasosiasikan kualitas sifat tersebut kepada diri anda.

5 Pasang target
Kedengarannya terlalu memperhitungkan sesuatu. Tapi, cara ini berhasil bagi orang-orang tertentu. Ada orang yang memasang target, misalnya, saaat berada di suatu acara, akan dipasang target harus mendapatkan tiga teman baru. Kelihatannya seperti dibuat-buat, tapi itu bisa membuat seseorang lebih terbuka.

6 Tersenyum
Sebuah studi menyatakan, ternyata semakin sering orang tersenyum saat berbincang-bincang berefek langsung terhadap penilaian orang lain tentang keramahan orang tersebut.

7 Berteman dengan temannya teman anda
Cara terbaik untuk memperluas lingkaran pertemanan bisa dimulai dengan berteman dengan temannya teman anda. Kebanyakan orang cenderung berteman dengan teman dari teman mereka.

8 Berhati-hatilah dengan perbedaan budaya
Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam pertemanan, cara atau kebiasaan berteman di suatu tempat bisa saja berbeda dengan di tempat lain. Maka yang perlu dilakukan adalah berlatih atau menyesuaikan diri dengan budaya setempat. (uarapembaruan.com)

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s