Tips Perawatan kaki


Kaki merupakan bagian paling bawah dari tubuh kita. Mungkin karena itu pula, banyak diantara kita yang jarang memerhartikan kulit kaki kita. Sedikit bahkan yang mau melakukan perawatan kaki sebagaimana ia merawat kulit mukanya.

Padahal, kaki yang juga anugerah dari Tuhan sudah selayaknya kita rawat dengan sebaik mungkin. Jika kaki kita indah dan terawat, maka kita juga akan terlihat lebih bersih dan cantik, serta menambah rasa percaya diri kita.

Berikut beberapa tips perawatan kaki yang bisa Anda lakukan :

  1. Jika Anda merasa kaki pegal dan capai, buatlah larutan yang terdiri dari 2 sendok garam laut ke dalam 1 liter air panas. Masukkan beberapa sendok makan Alfalfa Extract Menthol. Rempah ini termasuk golongan kacang kedelai yang baik sekali untuk kesehatan kulit dan tulang. Jangan lupa mengeringkan kaki dengan teliti.
  2. Perawatan kaki yang pecah-pecah dapat dihilangkan dengan menggunakan getah pepaya. Caranya, iris tipis-tipis buah pepaya yang masih hijau kulitnya hingga keluar getahnya. Oleskan pada telapak kaki yang pecah-pecah, yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu. Lakukan pengobatan ini menjelang tidur atau sesudah mandi.Anda juga bisa melakukan perawatan kaki dengan merendamnya pada air hangat yang diberi garam (akan lebih baik dengan garam Essensial yang dicampur rempah-rempah). Gunakan essensial oil yang akan memberikan keharuman khas yang menenangkan seperti monggrass, Ginger, Citrus dan Tea Tree berkhasiat, untuk mencerahkan kaki, menghilangkan pegal-pegal dan mencegah tumit yang kering dan pecah-pecah.
  3. Anda bisa menyembuhkan kaki yang lecet dengan bawang merah. Caranya, belah bawang merah menjadi dua, celupkan kedalam minyak kelapa dan oleskan pada kaki yang lecet. Kalau sudah sembuh, sebelum memakai sepatu oleskan dahulu bawang merah tersebut.
  4. Untuk menghilangkan bau pada kaki, perawatan kaki yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggosok irisan jeruk nipis pada kaki.
  5. Apabila kaki dan bagian badan lainnya bengkak, ambil daun miyana, campur dengan daun adas dan bawang, lalu tumbuk sampai halus. Tempelkan pada badan dan kaki yang bengkak.
  6. Bagi ibu-ibu hamil yang kakinya bengkak, perawatan kaki dilakukan dengan minum air tebu yang sudah tua sesering mungkin. Atau, bisa dengan minum air godokan rambut jagung sebanyak 1 gelas setiap hari. Rambut jagung direbus dengan 2 gelas air. Bisa juga dengan membuat adonan yang terdiri dari asam kawak, ragi tape, dan sedikit air. Campurkan ketiga bahan tersebut menjadi satu, kemudian remas-remas sampai bercampur rata. Balurkan adonan pada kaki yang bengkak menjelang tidur malam.
  7. Untuk menghindari kaki kering, potonglah buntut mentimun dan biarkan sampai keluar getahnya. Gosokkan buntut yang bergetah pada kaki. Lakukan beberapa kali berturut-turut. Kulit kaki akan menjadi halus.
  8. Perawatan kaki untuk tumit yang kasar dan bergerigi, maka bisa Anda sikat dengan sikat halus, gosok dengan batu apung. Kaki-kaki Anda yang lelah akan terasa nyaman. Selain itu, kaki menjadi bersih dan harum. Setelah selesai, bersihkan dan keringkan. Kemudian, gunakan lotion yang sesuai dengan jenis kulit Anda, Lakukan hal ini secara rutin niscaya kaki anda akan kembali sehat dan cantik

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s