Ingin Payudara Sehat? Konsumsi Vitamin Ini!


Payudara, yang terdiri dari jaringan lemak dan juga kelenjar susu, adalah salah satu mahkota wanita yang berharga. Karenanya, sudah pasti setiap wanita mendambakan memiliki payudara yang indah dan kencang.  Bahkan ada yang berusaha memperbesar payudaranya agar terlihat lebih seksi, atau sebaliknya, ada yang ingin memperkecil ukuran buah dada yang dimilikinya karena merasa terlalu besar meski sebenarnya, ukuran payudara dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk hormon, nutrisi, serta faktor genetik. Namun di balik itu, yang terpenting adalah memiliki payudara yang sehat karena payudara yang sehat bisa memproduksi antikanker sendiri, yang tentunya sangat bermanfaat karena dapat mencegah timbulnya kanker payudara.

Nah, berikut ini adalah vitamin-vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan payudara Anda, seperti dikutik dari LiveStrong dan detikHealth:

1. Vitamin A
Vitamin ini diketahui larut dalam lemak yang meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan melindungi payudara dari radikal bebas yang bisa merusak dan menunda pertumbuhan payudara. Selain itu vitamin A juga dapat memperbaiki jaringan yang rusak, meningkatkan produksi kolagen serta membantu proses penyembuhan.

Beberapa makanan diketahui kaya akan vitamin A seperti wortel, ubi jalar, susu, labu, bayam, lobak, brokoli, melon, aprikot dan tomat.

2. Vitamin C
Vitamin ini merupakan antioksidan yang larut dalam air dan bisa pula melindungi payudara agar pertumbuhannya tidak terganggu. Vitamin ini juga bisa menyeimbangkan hormon, menjaga hidrasi dari jaringan payudara, memperkuat jaringan ikat payudara serta menurunkan risiko kanker payudara.

Beberapa makanan yang diketahui kaya akan vitamin C seperti buah stoberi, jeruk, nanas, kiwi, cranberry, brokoli, anggur, kubis, tomat dan juga bayam.

3. Vitamin D
Vitamin ini larut dalam lemak yang membantu dalam proses kode genetik, meningkatkan massa otot, membantu penyerapan kalsium, memperbaiki kerusakan jaringan, mendorong pertumbuhan payudara serta menurunkan risiko kanker payudara.

Beberapa makanan yang diketahui kaya akan vitamin D seperti salmon, ikan tuna, susu, telur, keju, yogurt dan juga sereal siap makan.

4. Vitamin E
Vitamin ini adalah antioksidan yang larut dalam lemak dan berfungsi melindungi payudara dari kerusakan sel, membantu mempromosikan perkembangan payudara, menyembuhkan jaringan yang rusak, memperkuat pembuluh darah serta membawa nutrisi ke jaringan payudara.

Beberapa makanan yang diketahui kaya akan vitamin E seperti biji bunga matahari, bayam, tomat, brokoli, kacang kedelai, minyak jagung, hazelnut, selai kacang dan kacang almond.

Oh ya, selain mengkonsumsi vitamin-vitamin di atas, jangan lupa untuk menghindari konsumsi kopi yang berlebih ya, karena dapat berpengaruh terhadap payudara wanita.

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s