Jangan Asal Merawat Rambut


Rambut indah dan terawat bisa didapatkan siapa saja. Syaratnya, jangan asal merawat rambut. Selain memilih produk yang tepat, cara penggunaan produk juga memengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala.

Michael Zimbalist, spesialis rambut, menjelaskan cara menggunakan sampo, kondisioner, wax atau gel, hingga hair spray memengaruhi kondisi rambut dan kulit kepala. Mereka yang sering mewarnai rambut juga perlu melakukan perawatan yang benar. Jika tidak, bersiaplah dengan risiko rambut kering dan bercabang.

Memijat dengan ujung jari bukan kuku
Ketika menggunakan sampo sebaiknya tidak digaruk karena akan merusak kulit kepala, kata Michael.

“Lakukan pijat perlahan dengan satu arah, bukan diputar-putar. Lalu pijat dengan ujung jari, bukan kuku,” ungkap Michael saat temu media bersama Clear di Social House, Grand Indonesia, Jakarta beberapa waktu lalu.

Kondisioner, wax atau gel hanya untuk batang rambut
Michael juga menegaskan bahwa pemakaian kondisioner dan wax atau gel adalah untuk batang rambut, bukan untuk kulit kepala.

“Kondisioner itu untuk batang rambut, maka penggunaannya cukup diberikan di ujung rambut saja, jangan sampai kena kulit kepala. Lakukan hal yang sama saat menggunakan wax atau gel. Meratakan gel dan wax di kulit kepala hanya akan menyebabkan kulit kepala menjadi gatal, dan ketika digaruk akan bersisik, yang kita sebut ketombe,” jelasnya.

Beri jarak saat pakai hair spray
Ia menambahkan, penggunaan hair spray juga harus diperhatikan jaraknya. Tujuannya agar kulit kepala tidak ikut tersemprot kandungan hair spray. Kesalahan penggunaan hair spray inilah yang menyebabkan masalah pada kulit kepala, ketombe salah satunya.

Teliti dengan zat kimia perawatan rambut
Menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak kemiri dan lidah buaya memang baik untuk kulit kepala. Namun, penggunaan produk perawatan kimia juga aman dan hasilnya bisa bagus, asalkan kandungan dan cara menggunakannya tepat. Nah, bagi pengguna cat rambut, obat rebonding, dan obat pengeriting, harus lebih teliti memilih produk cat, obat, serta produk perawatannya.

“Untuk rambut yang di cat, kalau perawatannya asal-asalan, warna catnya akan mudah pudar. Bagi yang menggunakan obat rebonding, kalau tidak rajin menggunakan masker rambut yang tepat, rambutnya juga akan mudah kering dan bercabang,” tambah Michael.

Sebelum menggunakan cat rambut, obat rebonding, dan obat pengeriting, sebaiknya berkonsultasi dengan penata rambut atau dokter kulit kepala. Konsultasi penting agar mendapatkan produk yang kandungannya tidak merusak kulit kepala. Konsultasi juga berguna untuk mendapatkan produk perawatan yang cocok dengan kondisi kulit kepala usai pengecatan, rebonding, atau pengeritingan.

“Perhatikan bahan dasar produk perawatan rambut, apakah kandungannya berbahaya atau tidak, cocok atau tidak dengan kulit kepala kita,” tandas Michael.  (female.kompas.com)

One comment

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s