Khasiat Jahe Merah


Penghujan seperti saat ini batuk mudah menyerang. Penyakit ini muncul karena daya tahan tubuh lemah yang disebabkan paparan udara dingin. Untuk mengatasinya, jahe merah bisa menjadi solusi alternatif yang ampuh.

Di balik rasanya yang pedas, jahe merah mengandung zat yang berguna bagi tubuh. Tanaman ini banyak dipilih sebagai obat batuk lantaran kandungan zat yang dimilikinya seperti minyak atsiri, zat gingerol, serta oleoresin atau zat yang memberi rasa pahit dan pedas lebih tinggi dari jahe biasa.

Komponen jahe merah yang paling utama adalah gingerol yang bersifat antikoagulan. Fungsi gingerol mencegah penggumpalan darah, sehingga pembuluh darah tidak tersumbat. Seperti diketahui, tersumbatnya pembuluh darah merupakan penyebab utama stroke dan serangan jantung.

Gingerol juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Tanaman yang memiliki bahasa ilmiah Zingiber officinale ini, ukurannya lebih kecil dibanding jahe lainnya. Sesuai namanya, jahe ini berwarna merah hingga jingga muda. Tanaman ini berserat kasar dengan tekstur batang yang kasar pula, berbentuk bulat kecil, dan berwarna hijau kemerahan.

Jahe merah merupakan tumbuhan berbatang tegak dan tidak bercabang. Batangnya bulat kecil berwarna hijau dan agak keras. Daunnya tersusun berselang-selang teratur. Selain itu, tinggi tanaman ini tak lebih dari 60 sentimeter.

Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai bahan baku obat herbal karena aromanya sangat tajam. Khasiatnya antara lain membuat lambung menjadi nyaman dan membantu mengeluarkan angin, juga melawan pilek dan flu.

Jahe merah juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh. Tumbuhan umbi ini juga efektif sebagai pereda rasa sakit yang alami serta dapat meredakan rematik, sakit kepala, dan migrain.

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s