Kapal Pesiar Tujuan Mediterania Kandas, 6 Penumpang Tewas


Setidaknya enam orang tewas ketika sebuah kapal pesiar mewah dengan 4.200 penumpang dan awak kapal, kandas dan mulai miring di lepas pantai Italia, Sabtu (14/1).

Kapal pesiar Concordia Costa dalam sebuah pelayaran ke Mediterania, dilaporkan menabrak karang, dekat Isola del Giglio, sebuah pulau kecil Tuscan, Italia.

Costa Cruises, perusahaan yang menjalankan kapal pesiar itu menerangkan bahwa sekitar 3.200 penumpang dan 1.000 anggota kru telah dievakuasi, namun posisi kapal yang memburuk, telah menyulitkan bagian terakhir evakuasi.

Sejumlah perahu dari pelabuhan terdekat dan helikopter dengan lampu sorot telah dikerahkan untuk membantu dalam menyelamatkan ribuan penumpang yang berdesakan dalam tender kapal pesiar untuk diangkut ke darat.

Kapal itu dilaporkan miring 20 derajat, tapi para pejabat berwenang menyatakan bahwa kapal tidak berada dalam bahaya tenggelam.

Surat kabar Messaggero melaporkan  kepanikan melanda seluruh penumpang kapal dan beberapa orang dikabarkan masih hilang, setelah melompat dari kapal saat posisinya mulai miring.

Salah satu korban, seorang pria berusia 70 tahun-an diduga meninggal akibat serangan jantung, lantaran dikejutkan oleh alarm, sehingga ia melompat ke dalam air. Tim penyelamat juga mengumumkan bahwa tiga mayat telah ditemukan dari laut.

Berbagai media meyebutkan setidaknya enam orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan itu dan lebih dari 30 lainnya terluka, beberapa diantaranya luka serius.

Penumpang mengatakan mereka mendengar ledakan keras dan pada awalnya diberitahu bahwa ada masalah listrik sehingga telah menyebabkan kapal tiba-tiba berhenti.

“Kami sedang makan malam ketika lampu tiba-tiba mati, lalu Kami mendengar ledakan dan suara mengerang, dan semua peralatan makan jatuh di lantai,”kata seorang penumpang.

Beberapa penumpang bahkan membandingkannya dengan sebuah adegan film “Titanic

Di pulau, pejabat setempat sibuk mencarikan tempat bagi penumpang yang diselamatkan untuk tinggal sementara.

“Kami berusaha untuk mengakomodasi mereka di mana saja, di sekolah, klinik, hotel, apa saja yang memiliki atap,” kata Walikota Sergio Ortelli.

Dia menjelaskan bahwa beberapa orang tidur di gereja.

Costa Concordia sepanjang 951 kaki, sedang dalam tur Mediterania dengan tujuan ke Civitavecchia, Savona, Marseille, Barcelona, ??Palma de Mallorca, Cagliari dan Palermo.

Perusahaan menambahkan belum ditentukan apa yang menjadi penyebab kecelakaan itu. (wartanews.com)

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s