Kapal barang Korsel meledak, tiga tewas


Sebuah kapal barang Korea Selatan Doola no. 3 tenggelam setelah meledak di sebelah utara Pulau Jawol dekat Pelabuhan Incheon, Korea Selatan. Akibat tragedi itu, setidaknya tiga orang awak kapal dipastikan tewas, delapan orang hilang dan lima orang lainnya berhasil diselamatkan.

Dari tiga awak kapal yang tewas dua berkebangsaan Burma dan satu orang Korea Selatan. Ledakan maut itu terjadi pagi hari setelah kapal berbobot mati 4.191 ton itu selesai membongkar minyak muatannya. Perusahaan pemilik kapal Doora Shipping meyakini ledakan terjadi karena kebocoran gas dari tangki kapal.

“Kami yakin ada yang salah dalam proses mengeluarkan sisa minyak dari tangki kapal itu,” kata seorang petinggi perusahaan itu kepada kantor berita Korsel, Yonhap

“Kapal ini biasanya membawa mesin disel tapi kali ini membawa minyak. Kami tengah menyelidiki apakah muatan minyak ini menjadi penyebab ledakan,” lanjut petinggi itu.

Serangan Korut
Sejauh ini, pihak yang berwenang masih menyelidiki penyebab terjadinya ledakan yang mengakibatkan kapal berawak 16 orang itu tenggelam.
Meski kejadian itu terjadi di dekat perbatasan dengan Korea Utara, sehingga timbul spekulasi tenggelamnya kapal itu adalah akibat serangan Korea Utara.

Namun dugaan itu segera ditampik aparat penjaga pantai Korea Selatan.

“Ledakan terjadi sedikit di bawah garis perbatasan dengan Korea Utara. Kami melihat kecil kemungkinan itu (serangan Korea Utara),” ujar juru bicara pasukan penjaga pantai Korea Selatan kepada AFP.
Di awal pekan lalu, sebuah kapal nelayan Korea Selatan Jeung Woo 2 terbakar dan tenggelam di perairan Antartika dekat Selandia Baru.

Dalam kejadian itu tiga orang awak kapal meninggal dunia. (bbc.co.uk)

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s