Kayu Mesoyi, Untuk Menghangatkan Perut & Obat Kejang Perut


Mesoyi, masoyi (Jawa), aikor (Irian Jaya). Tanaman yang juga memiliki sinonim (Cryptocarya messoy (Oken) Kosterm.) ini merupakan anggota famili Lauraceae. Di Indonesia , tanaman mesoyi paling banyak ditemui di dataran rendah di Papua dan Maluku. Tanaman ini berbentuk pohon dengan tinggi mencapai 5-15 m. Kayu dan kulitnya mengeluarkan bau aromatis yang khas. Kulit kayu berwarna kelabu di sebelah luar dan kemerah-merahan di sebelah dalam. Setelah dikeringkan, kulit kayu ini berubah warna menjadi lebih tua dan kusam. Namun, getah kulinya kayunya mengakibatkan gatal-gatal dan pelephan fi kulit. Timbuhan ini banyak ditemukan di daerah Irain dan Maluku.

Bagian tanaman yang digunakan: Kulit kayu.

Kegunaan:
Di Jawa, secara tradisional kulit kayu mesoyi digunakan untuk menghangatkan perut pada kasus diare/murus dan kejang perut. Bau aromatis yang dihasilkannya menyebabkan bahan ini sering digunakan untuk bedak bersama-sama dengan cengkeh. Bedak ini digunakan sebagai penghangat kulit di saat hujan atau saat udara dingin. Baunya juga merangsang timbulnya hasrat seksual. Kadang-kadang kulit mesoyi ini dibakar supaya menyebabkan bau harum ke seluruh ruang (seperti layaknya kemenyan).
Berdasarkan aktivitas biologi yang telah diteliti, kulit kayu mesoyi bersifat sebagai counter irritant (melembabkan pembuluh darah kapiler) dan aromatikum (bahan pewangi, digunakan sebagai campuran ratus wangi)

Minyak masoyi atau oleum masoyi diperoleh dengan cara menyuling kulit batang tanaman ini. Selain mengandung minyak atsiri, kulit batang masoyi juga mengandung flovanoid dan polifenol. Minyak masoyi sudah banyak digunakan dalam dunia obat-obatan dan banyak diekspor ke Cina dan beberapa negara lain.
Secara tradisional minyak masoyi digunakan untuk mengobati keputihan, kejang perut, nyeri pada tulang, urus-urus, penurun panas, dan sebagai jamu pasca persalinan. Minyak masoyi yang asli terlalu panas, sehingga dalam penggunaannya harus dicampur dengan minyak lain.

Source: http://mahkotadewa.net/kesehatan/kayu_mesoyi.html

2 comments

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s