Khasiat Mahkota Dewa


Mahkota Dewa sejatinya merupakan tanaman perdu bernama latin Phaleria Macrocarpa. Kabarnya, tanaman dengan buah berwarna merah ini berasal dari tanah Papua, Irian Jaya. Meski bijinya bersifat racun, namun buah, batang, dan daunnya memiliki beragam manfaat bagi manusia. Khasiat mahkota dewa inilah yang membuat banyak orang memburu tanaman yang satu ini.

Kandungan Mahkota Dewa

Beragam khasiat mahkota dewa pada hakekatnya bersumber dari kandungan zat yang kaya di dalamnya. Mahkota dewa mengandung zat aktif seperti saponin, alkaloid, flavanoid juga pilifeneol. Untuk polifenol sendiri, memiliki sifat anti-histamin atau anti-alergi. Zat lainnya yakni flavanoid bersifat melancarkan peredaran darah, mengurangi kolesterol dalam darah, bersifat anti-radang pun anti oksidan. Sementara itu, alkaloid bisa menjadi bahan untuk detox tubuh. Terakhir adalah saponin, zat ini bersifat melawan bakteri juga virus, meningkatkan kekebalan tubuh, vitalitas, dan mengurangi kadar gula juga penggumpalan dalam darah.

Khasiat Mahkota Dewa untuk Mengusir Kangker

OLYMPUS DIGITAL CAMERABerdasarkan sifat kandungan zat buah mahkota dewa, tidak mengherankan jika kemudian banyak orang-orang yang menggunakannya sebagai alternatif pengobatan herbal. Bahkan boleh dikatakan, mahkota dewa merupakan obat herbal yang paling laris di pasaran. Salah satu penyakit serius yang bisa diatasi dengan makhota dewa adalah kangker payudara juga kangker. Cara mendapatkan obat untuk kangker tersebut adalah dengan merebus daging buah mahkota dewa dengan bahan lain seperti temu putih, sambiloto dan juga ceker ayam. Rebus dengan lima gelas air. Setelah air tersisa tiga gelas, matikan api dan saring air rebusan, dinginkan dan minum sebanyak tiga kali sehari masing-masing sebanyak satu gelas. Penting untuk diketahui, ramuan ini bisa dikonsumsi kira-kira satu jam sebelum makan.

Khasiat Mahkota Dewa untuk Menghalau Diabetes Melitus

Khasiat mahkota dewa lainnya adalah untuk menaklukkan penyakit diabetes mellitus. Resepnya cukup sederhana, yang dibutuhkan hanya lima sampai enam buah mahkota dewa. Langkah selajutnya adalah mencuci bersih buah tersebut dan dipotong kecil-kecil. Selanjutnya, rebus potongan buah tadi dengan lima gelas air. Setelah susut menjadi tiga gelas air, matikan api dan saring airnya. Pisah menjadi tiga gelas. Minum dalam keadaan dingin sebanyak tiga kali sehari satu gelas.

Khasiat Mahkota Dewa untuk Mengusir Rematik Juga Asam Urat

Selain kangker dan diabetes mellitus, mahkota dewa juga terkenal ampuh mengusir penyakit rematik juga asam urat yang cukup mengganggu. Dengan memadukan buah mahkota dewa dengan sambiloto juga akar sidaguri. Caranya sederhana, campur semua bahan dalam wadah setelah sebelumnya dicuci bersih. Kemudian masukkan air kira-kira lima gelas dan rebus sampai susut menjadi tiga gelas. Bagi ke dalam tiga gelas dan minum satu gelas di pagi, sore dan malam hari.

Efek Samping Mahkota Dewa

Masih banyak lagi lainnya khasiat mahkota dewa yang dikenal luas di masyarakat. Tanaman perdu yang satu ini memang memiliki beragam khasiat. Namun, Anda juga harus hati-hati sebab bagaimanapun, wahkota dewa juga memiliki kandungan racun terutama di bagian biji buah. Selain itu, jangan pernah mengkonsumsi langsung buah segar mahkota dewa sebab bisa mengundang bengkak di mulut, sariawan, kejang, mabuh kahkan pingsan. Mahkota dewa sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu baru kemudian digunakan dalam resep ramuan obat. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah dosis penggunaan obat herbal dari bahan mahkota dewa. Jangan berlebihan, ingat efek sampingnya mengintai Anda!

2 comments

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s