Manfaat Bunga Rosela Hitam


Bunga rosela atau asam paya ini memiliki bentuk dan warna yang cantik, sehingga seringkali digunakan sebagai penghias halaman rumah. Sementara di negera asalnya, Afrika, spesies bunga rosela dijadikan selai atau jeli.

Selain dijadikan sebagai minuman dingin karena rasa asamnya yang khas, dikutip dari wikipedia khasiat rosela antara lain untuk menurunkan asam urat, Hipertensi, Diabetes mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, menghambat sel kanker, mencegah sariawan dan panas dalam, menambah vitalitas, meredakan batuk, mencegah flu, antioksidan, antihipertensi, antikanker, antidepresi, antibiotik, meningkatkan gairah seksual, melancarkan buang air kecil, sedatif, tonik, dan menurunkan absorpsi alkohol.

OLYMPUS DIGITAL CAMERAManfaat bunga rosela hitam berpotensi untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Apabila penderita hipertensi diberi asupan sari-sari kelopak bunga rosela selama 4 minggu, hasil dapat dilihat dengan adanya penurunan tekanan darah sistolik sebesar 11,2 % dan tekanan diastolik sebesar 10,7% setelah diberi terapi teh rosela selama 12 hari pada 31 penderita hipertensi.

Selain itu, potensi lain dari bunga rosela hitam adalah untuk menghilangkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga bukan tidak mungkin khasiat bunga rosela dapat mencegah penyakit jantung koroner karena ia juga membersihkan plak yang menempel pada dinding pembuluh darah.

Bunga rosela hitam dipercaya sebagai tanaman herbal dan obat tradisional yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit degeneratif (akibat penuaan), karena khasiatnya terletak pada senyawa fenolik yang dapat memperbarui peremajaan sel. Bisa dikatakan senyawa ini meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Akan tetapi, kesalahan pada pengolahan dan penyimpanan mempengaruhi efektifitas kandungan zat dalam rosela.

Tentu saja hal tersebut mampu menurunkan kemanfaatan terhadap tubuh dan efek dari mengkonsumsi rosela seperti yang kita harapkan tidak ada. Bahkan dosis mengkonsumsi minuman rosela yang melebihi batas, hanya akan membahayakan penderita maag karena keasamannya dapat memancing reaksi asam lambung. Untungnya, rosela hitam memiliki keasaman lebih rendah sehingga bila dikonsumsi dalam dosis yang tepat khasiatnya dapat menetralisir asam lambung berlebih.

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s