Jenis Lulur Tradisional Serta Tips Luluran

Body-Scrub

Kulit manusia dapat menjadi lebih baik jika senantiasa dirawat lebih awal. Dengan pemakaian lulur tradisional secara teratur, sel-sel mati dapat terlepas sehingga regenerasi kulit baru menjadi tumbuh dengan baik dan menghindari penuaan dini. Selain itu manfaat lulur juga membuat kulit terhindar dari kering dan bersisik, harum dan segar.

Ada banyak sekali Jenis-jenis lulur tradisional dan manfaatnya diantaranya sebagai berikut : Lulur terbuat dari bahan-bahan alami bisa ekstrak rempah, daun-daunan, bunga, susu, coklat, coffee, juga buah-buahan. Ada bermacam jenis lulur yang mengandung berbagai macam zat-zat alami di dalamnya. Setiap bahan dan zat-zat tersebut akan memberikan manfaat yang bermacam-macam bagi kulit.

Lulur Melati
Sari minyaknya diambil dari bagian bunga melati mempunyai efek menyejukkan, yang berfungsi untuk relaksasi dan mencerahkan kulit, Menjadikan kulit putih, bersih halus, serta membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Lulur Kuning / Lulur Temugiring
Temugiring mengandung atsiri, amilun, damar, lemak, tannin dan lainnya yang dapat memberikan perasaan tenang dan sensasi hangat, dapat melancarkan peredaran darah tepi dan juga untuk mencerahkan serta mengatasai bau badan.

Lulur Bengkoang
Bengkuang memiliki sifat kimiawi dan fermakologis yang manis, dingin, sejuk, dan kaya akan pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan C. Sehingga memiliki khasiat mendinginkan kulit serta mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih putih/terang. Kandungan antiseptik dalam bengkuang mampu mengatasi gatal-gatal di kulit, selain itu lulur bengkuang juga mengencangkan kulit sehingga kekenyalannya dapat terjaga.

lulur-melati lulur-kuning-temugiring lulur-bengkoang

Lulur Kemuning
Sejak dahulu kemuning dipercaya menyimpan berbagai manfaat yang tidak ternilai harganya untuk perawatan kulit, wanginya yang eksotis ternyata mengandung berbagai senyawa kimia yang berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah, serta menghaluskan dan melembabkan kulit.

Lulur Kopi
Bubuk kopi yang digosok-gosokkan akan mengeluarkan minyak, sehingga lulur ini dapat menghaluskan kulit, membuat kulit lebih cerah. Menghilangkan lelah pada kulit, mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati. Selain itu dapat juga mencerahkan daerah-daerah lipatan.

Lulur Coklat – Body Scrub Chocolate
Lemak coklat atau cocoa butter yang terkandung dalam lulur coklat berkhasiat melembutkan, menghaluskan kulit. Lulur coklat juga dapat memutihkan/mencerahkan kulit. Selain itu adanya katekin (catechin) yang merupakan antioksidan yang kuat yang ada dalam coklat dapat mencegah penuaan dini, mencegah keriput, dan menetralkan kulit.

lulur-kemuning lulur-coklat lulur-kopi-cooffe

Lulur Boreh – Body Scrub Ginger
Jahe (ginger) yang dipadukan dengan rempah-rempah alami lainnya berkhasiat memperlancar peredaran darah, melembutkan kulit, memiliki efek menghangatkan tubuh, membantu tubuh mengeluarkan racun, dan memberikan keseimbangan suhu tubuh.

Lulur Lumpur
Lumpur yang sejak zaman dulu telah digunakan oleh bangsa Mesir dan Romawi untuk perawatan kecantikan dan kesehatan seperti melembutkan dan melembabkan kulit, mencerahkan kulit, menghilangkan selulit dan mengeluarkan racun tubuh atau detoksifikasi.

Lulur Green Tea – Body Scrub GreenTea
Kandungan Greentea yang kaya akan antioksidan dan vitamin untuk kulit bermanfaat untuk Mengangkat kulit mati, memberi nutrisi pada kulit. memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah tepi, memutihkan kulit, menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit keriput.

lulur-boreh-ginger lulur-green-tea lulur-lumpur

Lulur Susu
Susu kaya akan zat asam beta hydroxy alami, campuran susu dalam lulur ini tidak saja berguna sebagai peeling yang mengikis kotoran dan sel-sel kulit mati tetapi juga dapat mencerahkan kulit sehingga terlihat lebih halus dan tidak bersisik. Selain itu, kandungan protein dalam lulur susu juga berguna sebagai suplai nutrisi yang berfungsi melembabkan sekaligus melapisi permukaan kulit agar lebih halus dan kenyal.

Lulur Strawberry – Body Scrub Strawberry
Buah yang satu ini banyak mengandung asam salisilat (salah satu jenis asam beta-hidroksi) yang membantu mengencangkan kulit, serta vitamin B, C, E, dan K. Lulur strawberry selain untuk mengencangkan kulit juga menyehatkan dan meremajakan kulit. Wewangiannya yang khas menjadikan lulur ini cocok untuk terapi relaksasi.

Lulur Lavender – Body Scrub Lavender
Lavender berasal dari bahasa Romawi Lavare, yang berarti menenangkan. Lavender mengandung Linalool asetat yang mampu mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat syaraf dan otot-otot yang tegang. Juga dapat menghaluskan kulit terbakar, bekas luka & terkelupas.

lulur-strawberry lulur-susu-milk lulur-lavender

Lulur Alpokat – Body Scrub Avocado
Avocado atau buah Alpukat kaya akan vitamin E, dan mengandung omega 3, sehingga dapat menjadi antioksidan yang baik, mencegah penuaan dini, dan sebagai pelembab kulit alami. Buah alpukat juga bersifat anti inflamasi sehingga dapat mendinginkan kulit. Cocok untuk kulit kering atau yang sering berada di dalam ruangan berpendingin ruangan (AC).

Lulur Rumput Laut – Body Scrub Seaweed
Rumput Laut mengandung berbagai vitamin yaitu vitamin A, B kompleks, C, D, dan K. Kandungan vitamin tersebut memberi nutrisi pada kulit sehingga kulit lebih lembab dan kencang. Vitamin C juga dapat membantu menangkal radikal bebas.

Lulur Lemon – Body Scrub Lemonade
Lemon mengandung banyak zat dan vitamin yang bermanfaat untuk body detox, slimming,dan mengurangi kadar lemak dibawah kulit. Selain itu aroma lemon membantu untuk menjernihkan pikiran, memberikan ketenangan, mengurangi strees dan rasa kaku

lulur-alpukat-avocado lulur-rumput-laut-seaweed lulur-lemon-lemonade

Lulur Ketan Hitam
Ketan Hitam memang dikenal mengandung gizi dan vitamin yang lebih tinggi dibandingkan varian padi-padian yang lain. Ternyata vitamin dan zat yang terkandung juga bermanfaat untuk kecantikan kulit seperti mengangkat sel kulit mati dan membantu regenerasi kulit.

Lulur Pinang
Lulur tradisional yang terbuat dari bahan herbal pinang mengandung anti oksidan, serta anti septik. Baik untuk menjaga kehalusan serta keremajaan kulit, menghilangkan flek serta noda di kulit.

Lulur Kayu Manis – Body Scrub Cinnamon
Cinnamon atau kayu manis, kandungan alami yang dimiliki kayu manis mampu memberi nutrisi pada kulit, menjadikan kulit lebih sehat serta lebih bersih bercahaya, aroma wangi yang alami dalam kayu manis bisa menghilangkan bau badan , mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru, paduan rempah kayumanis yang menenangkan akan membersihkan tubuh sekaligus meredakan rasa lelah.

lulur-cinnamon--lulur-kayu-manis lulur-pinang lulur-ketan-hitam

Lulur Cendana
Lulur tradisional yang berbahan dasar kayu cendana ini bermanfaat untuk mengangkat kulit mati, kotoran dan debu, memberi nutrisi pada kulit, memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah tepi, memutihkan kulit, menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit keriput serta dapat menghilangkan bau badan dan memberikan keharuman pada tubuh yang tahan lama.

Lulur Mawar – Body Scrub Rose
Kandungan alami yang dimiliki bunga mawar membantu melawan tanda- tanda penuaan dan melindungi kulit dari keriput dan peradangan, mawar membantu menjaga keseimbangan pH alami kulit sehingga mampu melawan berbagai penyakit kulit dan eksim, sifat antibakteri dalam air mawar mampu membersihkan kulit secara menyeluruh namun tetap lembut, meratakan & mencerahkan warna kulit, menjadikan kulit lebih bersih bercahaya, mengangkat kotoran pada kulit, mengangkat sisa sel-sel kulit yang telah mati kemudian meremajakannya Kembali.

Lulur Kacang Hijau
Lulur kacang Hijau kaya akan vit E, vit C, vit B1 dan banyak mineral yang berguna sebagai makanan untuk kulit. Bermanfaat untuk peremajaan kulit, menghaluskan kulit, mengatasi jerawat dan flek hitam.

lulur-kacang-hijau lulur-mawar lulur-cendana

 

Tips Luluran Yang Baik & Benar

Beberapa orang bertanya, “Gimana sih mbak, cara luluran yang benar?” Ketika saya balik bertanya kepada orang-orang itu tentang bagaimana step by step mereka ketika berlulur atau pergi ke Tempat Lulur, kebanyakan dari mereka melakukannya dalam keadaan kulit masih kering. Dan apakah anda juga begitu?

Jika benar, berhati-hatilah! Terutama bagi anda yang kulitnya sensitive. Karena akan dengan mudah tergores atau bahkan iritasi akibat butiran scrub agent yang mungkin agak kasar. Nanti yang terjadi bukannya kulit mulus, melainkan kulit kemerahan dengan sedikit luka kecil-kecil yang perih.

Sumber: http://www.amelialulur.com/

3 comments

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s